Powered By Blogger

Monday, September 29, 2014

Perkembangan Teknologi : AI

Kali ini saya akan membahas tentang sebuah teknologi yang pada beberapa tahun kemudian kemungkinan akan berkembang pesat.Pada blog ini akan diberikan penjelasan singkat mengenai perkembangan,manfaat,dan dampak negatif yang mungkin diakibatkan teknologi tersebut.

Teknologi yang saya maksudkan adalah artificial intelligence atau biasa disebut dengan istilah AI. Para gamers mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini.AI adalah kecerdasan buatan yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan kita,namun mungkin kita tidak menyadarinya.Salah satu contoh yang bisa saya pikirkan adalah siri,fitur voice command pada produk Apple.

















 tampilan siri





Perkembangan
Konsep kecerdasan buatan seperti AI sudah dipikirkan manusia sejak lama misalnya pada saat jaman Mesir kuno atau Yunani kuno.Hal ini tampak dari berbagai penemuan sejarah,mitos,dan kepercayaan orang-orang peradaban kuno tentang mesin yang dapat bekerja sendiri atau mahluk hidup yang terbuat dari bahan non-organik.Berikut adalah salah satu contoh teknologi kuno dari Yunani:
sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/File:NAMA_Machine_d%27Anticyth%C3%A8re_1.jpgMekanisme Antikythera,dipercayai sebagai salah satu komputer analog tertua di dunia.digunakan untuk mengukur posisi benda langit
Seiring berkembangnya waktu dan teknologi,manusia semakin mengembangkan penelitiannya di bidang AI.Terutama setelah ditemukannya komputer pada awal abad ke-19.Istilah AI sendiri baru diciptakan dan diterapkan pada tahun 1956.

Perkembangan AI sempat terhambat pada tahun 1970 karena kemampuan komputer yang masih terbatas,sehingga hanya beberapa masalah sederhana yang dapat dikerjakan oleh AI pada saat itu. Namun pada tahun 1900-an,AI mengalami banyak kemajuan sehingga manfaatnya walaupun tidak disadari ,bisa kita rasakan sekarang.

Meskipun kecerdasan buatan yang mampu dibuat masih jauh dari harapan peneliti untuk membuat kecerdasan menyerupai manusia,kemajuan teknologi ini tidak dapat kita pungkiri lagi.




Manfaat
Pemanfaatan AI sudah mencakup berbagai bidang kehidupan secara luas seperti diagnosis kesehatan, kontrol robot,penemuan sains,permainan,dan keuangan.Namun karena penerapan kecerdasan buatan pada bidang tersebut sulit untuk dilihat,kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya.

bidang keuangan
Bank menggunakan sistem AI untuk mengurus berbagai operasi,investasi,dan mengatur properti. Sering juga digunakan dalam perhitungan harga saham.Berbagai insttitusi finansial juga sudah menggunakan teknologi AI untuk menyelidiki berbagai klaim,mengurangi penggunaan sumber daya manusia.
sumber:http://www.solopos.com/dokumen/2012/04/0504bursa.jpg
bidang kesehatan
Pada bidang kesehatan,AI sering diterapkan untuk mengatur rotasi staff,menyediakan informasi medik yang penting,dan beberapa hal lainnya.Dimanfaatkan pula untuk menyimpan data kesehatan seorang pasien.
sumber:http://news.bbcimg.co.uk/media/images/63845000/png/_63845532_ibm2.png

bidang industri
Robot sudah menjadi hal umum di berbagai industri.Robot sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang dianggap berbahaya bagi manusia,dan robot sangat efisien dalam melakukan pekerjaan yang  jika dilakukan membutuhkan konsentrasi tinggi.Jepang adalah salah satu negara terdepan dalam memroduksi dan memanfaatkan robot.
sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Industrial_robot#mediaviewer/File:FANUC_6-axis_welding_robots.jpg
bidang komputer
Penelitian pada bidang AI dikatakan telah memecahkan banyak masalah pada computer science . Beberapa penemuan AI pada bidang komputer mungkin terlihat samar karena penerapannya sudah terlalu luas.Misalnya graphical user interface dan mouse,aslinya adalah hasil penelitian di bidang AI (menurut wikipedia).
sumber: https://mcmsbrooks.wikispaces.com/file/view/9210_computer-programming.jpg/213170210/9210_computer-programming.jpg
bidang permainan
Tanpa disadari,banyak mainan anak-anak yang menerapkan konsep AI.Misalnya tamagotchi, dan video game bots.Malah sekarang banyak video game terkenal yang tidak dapat lepas dari konsep AI.
sumber:http://tamagotchi-time.weebly.com/uploads/7/9/8/7/7987086/9382383_orig.jpg

Dampak Negatif dan Resiko
Sama seperti teknologi lainnya,sistem artificial intelligence juga memiliki beberapa dampak negatif jika dikembangkan dan digunakan.Yang pertama,menurut saya penggunaan AI di berbagai bidang usaha memang membantu kemampuan produksi dan menciptakan kesempatan pekerjaan baru.Namun tidak dapat dihindari fakta bahwa penggunaan AI menambah jumlah pengangguran.Pabrik-pabrik yang menggunakan robot dalam produksinya pasti tidak membutuhkan lagi tenaga buruh.Beberapa layanan internet seperti online shopping juga mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia. Penggunaan AI yang makin lama makin luas mungkin tidak berbahaya untuk jangka panjang.Namun untuk jangka pendek,dapat mempengaruhi ekonomi dan kesenjangan sosial suatu negara.

Kemudian,AI yang ada di kehidupan nyata memang tidak akan berbuat jahat seperti yang ada di film-film fiksi ilmiah.Namun semakin bertambahnya ketergantungan kita terhadap sistem ini, maka makin besar pula kemungkinan bahwa akan ada pihak yang menyalahgunakannya.Sebagai contoh, sekarang tabungan kita di bank banyak diatur oleh sistem AI komputer.Jika sistem tersebut rusak atau di-hack ,semua kekayaan kita dapat hilang dalam sekejap.Sistem AI juga dapat berbahaya jika diterapkan pada senjata.Bayangkan sebuah senjata yang tanpa ragu dan tanpa lelah menyerang targetnya.Sulit dibayangkan bahaya yang dapat ditimbulkan.

Dampak negatif yang sudah saya sebutkan memang masih sebatas spekulasi,belum ada satupun yang sudah kita rasakan secara langsung.Namun mengingat bahwa teknologi kecerdasan buatan yang sudah ada sekarang masih jauh dari sempurna dan memiliki potensi untuk dikembangkan,hal-hal yang saya sebutkan juga tidak dapat diabaikan.Hanya kemungkinan,namun tidak mustahil juga kan?

Sekian dari saya,terima kasih atas perhatiannya.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Applications_of_artificial_intelligence
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_artificial_intelligence
http://healthresearchfunding.org/pros-cons-artificial-intelligence/
http://www.marketwatch.com/story/artificial-intelligence-is-creeping-into-our-everyday-lives-2014-09-12

No comments:

Post a Comment